RSS

Belajar Nyetir

Belajar nyetir

A few years a go,

Akhirnya kuberanikan diri untuk kursus nyetir alias mengemudi. Tekadku bulat untuk bisa nyetir sendiri. Karena aku sering gemes saat ada keperluan yang mendesak Hubby tidak ada di rumah atau malas mengantar. Terpaksa aku mengandalkan BMW alias Bajaj Merah Warnanya atau si Burung Biru.

Banyaknya tanggal merah bulan ini akan aku manfaatkan untuk belajar nyetir mobil. Mulailah browsing cari kursus nyetir yang dekat dengan rumah. Lalu ketemulah tulisan di Kompasiana yang merekomendasikan seorang trainer di kursus mengemudi Natuna Jaya. Ada nomer telponnya, aku sms. Janjian untuk ketemu hari Sabtu. 

Hari pertamaa, eng.....ing ..... eng. Sebelumnya aku pernah belajar nyetir dari Hubby di lapangan Parkir Timur Senayan. Itupun cuma sekedar maju mundur, muter2 di parkir lot. Mau nyoba jalan lebih jauh nggak dibolehin, kata Hubby cara nyetirku masih mengerikan. :D

Sekarang saatnya menguji tekad dan nyaliku. Janjian ketemu di CITOS dengan trainernya. Bapak-bapak sudah cukup sepuh dengan gaya bicara halus khas orang Solo. Namanya pak Wiwiek, aku mengaku sama sekali belum pernah pegang mobil. Jadi dijelaskan oleh beliau segala macam yang ada dalam interior sekitar kursi driver.

Yang paling terngiang dalam ingatan  “Yang menjalankan mobil itu kopling bukan gas”. Gas dan kopling diinjak bergantian. Mobil yang buat latihan juga tidak ada tulisan BELAJAR atau LATIHAN, itu sengaja agar nantinya saat latihan di jalan bisa terasa riil karena secara reflek orang akan cenderung menghindar atau menjauhi jika melihat mobil dengan tulisan tersebut.
Dan semakin sedikit diklakson orang, maka semakin sedikit kesalahan yang kita buat.

Setelah dijelaskan kami mulai melaju sambil masih tetap dijelaskan cara kerja dan how to operate nya. Sampai  beberapa meter akhirnya giliranku memegang kemudi, dengan perasaan yakin langsung aku pindah ke belakang kemudi. Injak kopling -masuk gigi satu-angkat kopling + injak  dikit gas, jalaan dehhhh. Si bapak langsung bilang “Ini sih sudah pernah bawa ” hehehehe...... bawa maju mundur Parkir Timur bonus bonyok dikit di bagian belakang mobil Pak".

Setelah mengelilingi parkiran CITOS beberapa putaran, si Bapak menyuruh aku mengarahkan mobil keluar dari parkiran. Bayar parkir dulu, eitss.... aku bingung mau buka pintu kacanya gimana. Dasar amatiran.  Akhirnya langsung latihan di jalan raya!!! Mobil pelan2 keluar dari CITOS sambil hati ini deg2 plaaaas. Jalan di jalan raya sekitar lima belas meteran, belok kiri ke jalan
Berputar -putar mengelilingi komplek Sekneg dan MPR, jalan komplek berliku banyak tikungan . Hehehehe kepanikan mulai terjadi saat belok dan memutaar kembali kemudi alias “bales” moncong mobil tetap miring . hahhaha “pak..pak gimana ini”. ahhh terkendali juga. tiap kali berpapasan dengan ada hambatan seperti ada gangguan mobil parkir, saya memilih berhenti “sook lah duluan saya masih traineee”.

Setelah berputar-putar bonus menyeberang di perempatan dan lain-lain akhirnya keluar di jalan raya Fatmawati, dan mulai menggunakan gigi 2. Belok di lampu merah dan berhenti di depan citos.   Tak terasa kursus 1 jam sudah dilalui tanpa kemringet dan kaki gemetar. Hehhehe ..... lagaknyaaa.

Langsung woro-woro ke Hubby update progress sekalian kasih tau berapa bayarnya. Berharap kuitansinya bisa di reimburse. Uang registrasi 20 ribu, biaya kursus 700 ribu, charge weekend  50 ribu . Total biaya 770 ribu. 

Oh iya untuk pembuatan SIM A, saat ini tarifnya 850 ribuu, mahal amiir. Karena lagi susah disorot KPK jadi tarif makin mahal ** koq bisaaa?
Ahhh nunggu ada keperluan ke Daan Mogot aja sekalian ke SAMSAT mencoba peruntungan bikin SIM dengan jalur Normal.
Wish me luck, nyupirnya jagooo

7 comments:

Anonim mengatakan...

mba mau tanya, itu totalnya 770rb/jam, atau ada sesi berikutnya ya?
thanks

Vhe mengatakan...

Selamat siang mba AES,

Ternyata kita satu tempat yang sama untuk belajar setir mobilnya. Saya juga ikutan kursus setir mobil dengan pak wiwiek. Orangnya memang ramah, dan sabar. Tempat latihannya juga mudah untuk dicari. Belajar sama pak wiwiek buat saya bukan merupakan penyesalan, karna dengan beliau saya bisa menekan rasa gugup saya sehingga mudah untuk belajar.

Bagi yang mau ikutan latihan dengan pak wiwiek juga, bisa menghubungi nomer rumahnya 0217657322 atau nomer hp nya 08980868802

Best regards

vhe

Vhe mengatakan...

Oh iya mau ikut nambahin.. Untuk biaya latihannya 770rb udah satu paket.. Dijamin sama beliau cepet bisaa.. Hehehe

Unknown mengatakan...

Satu paket bagaimana mbak? Bisa di jelaskan...

Unknown mengatakan...

Satu paket bagaimana mbak? Bisa di jelaskan...

Unknown mengatakan...

700rb brp kali latihannya mba

Inude mengatakan...

Waktu itu 7 kali pertemuan

Posting Komentar